Gitar Porong Sidoarjo Melengking di Paman Sam

Inovasi anak bangsa dari daerah terus bergelora bahkan membumbung hingga go international. Setelah sebelumnya kita mendengar merk gitar Rick Hanes buatan Doddy Hernanto, warga Tambak Sawah Waru, Sidoarjo. Ada satu lagi, gitar listrik dengan merk Stephallen yang diproduksi di Porong, Sidoarjo.

Stephallen Guitars tak lain adalah buah karya dari pria asal Porong bernama Julius Salaka. Sejak 1997 ia dikenal sebagai pembuat gitar untuk sejumlah musisi ternama. Di antaranya, I Wayan Balawan, Tohpati, dan Dewa Budjana.

Di Amerika Serikat, Joel ini memamerkan gitar buatannya kepada sejumlah gitaris kawakan kaliber dunia. “Puji Tuhan, saya mendapat kesempatan untuk mengikuti pameran di Anaheim Convention Center, USA beberapa waktu lalu. Bahkan saat itu dilepas Wapres Budiono,” ujar pria yang akrab disapa Joel.

Selama tiga hari Joel bertemu dengan gitaris Amerika yang langsung mencoba gitar buatan Porong. Ada musisi Ola Strandberg, Ivan L Pierce, dan Marlon Carbone. Joel menyebut Ola Strandberg sebagai seorang pemusik jenius yang langka. “Saya makin bangga karena Ola juga senang menggunakan gitar buatan saya,” lanjut pria kelahiran Sidoarjo, 23 Juli 1968 ini.

Berawal dari sebuah hobi, hingga kini akhirnya ia bangga bisa mengharumkan negeri tercinta. Kecintaannya terhadap musik membuatnya mulai mencoba membuat gitar untuk dirinya sendiri. Di sela-sela waktunya yang padat sebagai karyawan sebuah perusahaan kontraktor, gitar hasil buatannya ternyata tak bisa dipandang enteng. Terbukti pada saat itu banyak teman-teman Julius yang minta dibuatkan gitar atau sekedar minta dimodifikasi.

Hobinya saat itu bagaikan pecut semangat buat dirinya, ketika krisis melanda negeri ini pada tahun 1997. Praktis potensi yang dimilik Julius ini menjadi sebuah alternatif untuk berinovasi dalam berbisnis. Julius pun melihat potensi pasar yang menjanjikan, hingga akhirnya pria lulusan Teknik Sipil Politeknik Universitas Brawijaya, Malang ini memutuskan untuk menekuni bisnis ini secara serius. Pada tahun 2000 Julius meluncurkan merk Stephallen Guitars, yang diambil dari nama anaknya sendiri.

Tiga tahun membuat gitar pesanan, Joel memutuskan untuk membuat merk sendiri. Tak mau lagi menjiplak model gitar orang lain karena terkait hak cipta. Maka, pada tahun 2000 Joel memperkenalkan gitar merk Stephallen ke publik, khususnya kalangan gitaris profesional. Desain hingga finishing dikerjakan Joel dengan dibantu beberapa asistennya.

WhatsApp Image 2016-08-11 at 20.26.49Sejak gitar Stephallen digunakan gitaris I Wayan Balawan atau gitaris lainnya pada 2005. Pesanan Gitar Stephallen terus mengalir dari dalam dan luar negeri. Dalam setahun dia melayani sekitar 80-90 pesanan atau sekitar tujuh gitar per bulan. Bahkan ia juga telah berhasil galeri untuk pemasaran gitarnya di Jakarta dan California, Amerika Serikat. “Asal tekad sudah bulat, mengapa harus gak berani menajamkan usaha sampai ke negara luar. Dan, syukurlah kami bisa meraih pangsa pasar sangat baik di Amerika bersama Stephallen,” pungkasnya.

*rdi*

About The Author

Reply